Kumpulan artikel ilmu.NET, semoga bermanfaat...

Menu
Herbal.ID

Apel

Apel
(Pyrus Malus, Linn)
Sinonim = Malus Sylvestris, Mill
Familia: Rosaceae

URAIAN:

Apel (Pyrus malus) hidup subur di daerah yang bertemperatur dingin. Di Eropa dibudidayakan di daerah sub- tropis bagian utara. Di Indonesia apel yang terkenal berasal dari daerah Malang, Jawa Timur, atau Gunung Pangrango, Jawa Barat. Apel dapat tumbuh dan berkembang dengan baik bila dibudidayakan di daerah dengan ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut.

Tumbuhan apel dikategorikan sebagai anggota keluarga rnawar-rnawaran. Tingginya bisa mencapai 7-10 meter. Daun apel sangat mirip dengan daun bunga mawar. Berbentuk bulat telur dengan gerigi kecil pada tepiannya.

Pada usia produktif, biasanya berbunga pada bulan Juli. Buah apel sebenarnya merupakan bunga yang membesar / mengembang sehingga mehjadi buah yang padat dan berisi.


NAMA LOKAL:
Apel (Indonesia, Malang); Apple (Inggris); Appel (Perancis).


PENYAKIT YANG DAPAT DIOBATI:
1.    DIABETES MELLITUS
1 Biji buah apel berukuran sedang. Belah menjadi 4 bagian. Rebus dengan 3 gelas air, sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas. Minum pagi dan sore.
2.    DIARE
Makan buah apel yang belum begitu masak.

KOMPOSISI:
KANDUNGAN KIMIA :
Buah apeI (Pyrus malus) selain mempunyai kandungan senyawa pektin juga mengandung zat gizi.
KANDUNGAN PER 100 GRAM: Kalori 58 kalori - Hidrat arang 14,9 gram, Lemak 0,4 gram - Protein 0,3 gram - Kalsium 6 mg - Fosfor 1 mg, Besi 0,3 mg - Vitamin A 90 SI - Vitamin B1 0,04 mg - Vitamin C 5 mg - dan Air 84 %.

No comments